Pendahuluan

Di masyarakat kini beredar mitos bahwa ngilu sendi berarti asam urat. Pengertian ini perlu diluruskan karena tidak semua keluhan dari nyeri sendi disebabkan oleh asam urat. Pengertian yang salah ini diperparah oleh iklan jamu/obat tradisional.

Penyakit rematik banyak jenisnya. Tidak semua keluhan nyeri sendi atau sendi yang bengkak itu berarti asam urat. Untuk memastikannya perlu pemeriksaan laboratorium.

Sebenarnya yang dimaksud dengan asam urat adalah asam yang berbentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin (bentuk turunan nukleoprotein), yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Secara alamiah, purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yakni makanan dari tanaman (sayur, buah, kacang-kacangan) atau pun hewan (daging, jeroan, ikan sarden).

Jadi asam urat merupakan hasil metabolisme di dalam tubuh, yang kadarnya tidak boleh berlebih. Setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuh, karena pada setiap metabolisme normal dihasilkan asam urat. Sedangkan pemicunya adalah makanan dan senyawa lain yang banyak mengandung purin. Sebetulnya, tubuh menyediakan 85 persen senyawa purin untuk kebutuhan setiap hari. Ini berarti bahwa kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15 persen.

Sayangnya, fakta ini masih belum diketahui secara luas oleh masyarakat. Akibatnya banyak orang suka menyamaratakan semua makanan. Orang menyantap apa saja yang dia inginkan, tanpa mempertimbangkan kandungan di dalamnya. Makanan sumber dari produk hewani biasanya mengandung purin sangat tinggi.Produk makanan mengandung purin tinggi kurang baik bagi orang-orang tertentu, yang punya bakat mengalami gangguan asam urat. Jika mengonsumsi makanan ini tanpa perhitungan, jumlah purin dalam tubuhnya dapat melewati ambang batas normal.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang diketahui bisa meningkatkan kadar asam urat adalah alkohol, ikan hearing, telur, dan jeroan. Ikan hearing atau sejenisnya (sarden), dan jeroan merupakan sumber senyawa sangat potensial. Yang tergolong jeroan bukan saja usus melainkan semua bagian lain yang terdapat dalam perut hewan –seperti hati, jantung, babat, dan limfa.

KONSUMSI jeroan memperberat kerja enzim hipoksantin untuk mengolah purin. Akibatnya banyak sisa asam urat di dalam darahnya, yang berbentuk butiran dan mengumpul di sekitar sendi sehingga menimbulkan rasa sangat sakit. Jeroan memang merupakan salah satu hidangan menggiurkan, di antaranya soto babat, sambal hati, sate jantung, dan kerupuk limfa. Tetapi salah satu dampaknya, jika tubuh kelebihan senyawa purin maka si empunya diri mengalami sakit pada persendian.

Penyebab

Penyakit asam urat digolongkan menjadi penyakit gout primer dan penyakit gout sekunder.

Pada penyakit gout primer, 99 persen penyebabnya belum diketahui (idiopatik). Diduga berkaitan dengan kombinasi faktor genetic dan faktor hormonal yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat atau bisa juga diakibatkan karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari tubuh.

Penyakit gout sekunder disebabkan antara lain karena meningkatnya produksi asam urat karena nutrisi, yaitu mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Purin adalah salah satu senyawa basa organic yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.

Produksi asam urat meningkat juga bisa karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, vitamin B12). Penyebab lainnya adalah obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi. Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya terdapat kadar benda-benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi. Benda-benda keton yang meninggi akan menyebabkan asam urat juga ikut meninggi.

Setiap orang dapat terkena penyakit asam urat. Karena itu, kita perlu mewaspadai gejala-gejalanya.

Penyakit radang sendi akibat peningkatan kadar asam urat darah disebut dengan artritis gout atau artritis pirai. Artritis gout yang akut disebabkan oleh reaksi radang jaringan terhadap pembentukan kristal urat. Pada sebagian besar kasus gout riwayat penyakit dan gambaran klinis bersifat khusus, sehingga kadang-kadang diagnosis dapat langsung ditegakkan.
Seseorang dikatakan menderita asam urat (gout) jika kondisinya memenuhi beberapa syarat dan biasanya perjalanan penyakitnya klasik sekali, seperti mempunyai gejala yang khas penyakit gout, mempunyai perjalanan penyakit yang khas penyakit gout, ditemukan asam urat dalam kadar tinggi dalam darahnya, dan hasil pemeriksaan mikroskopik dari cairan sendi atau tofus (benjolan asam urat) ditemukan kristal asam urat yang berbentuk jarum.

Lebih banyak pria

Umumnya yang terserang asam urat adalah para pria, sedangkan pada perempuan persentasenya kecil dan baru muncul setelah menopause.

Kadar asam urat kaum pria cenderung meningkat sejalan dengan peningkatan usia. Pada wanita, peningkatan itu dimulai sejak masa menopause.

Mengapa asam urat cenderung dialami pria? Ini karena perempuan mempunyai hormon estrogen yang ikut membantu pembuangan asam urat lewat urine. Sementara pada pria, asam uratnya cenderung lebih tinggi daripada perempuan karena tidak memiliki hormon estrogen tersbut.

Jadi selama seorang perempuan mempunyai hormon estrogen, maka pembuangan asam uratnya ikut terkontrol. Ketika sudah tidak mempunyai estrogen, seperti saat menopause, barulah perempuan terkena asam urat.

Kalau peningkatan asam urat ini melewati ambang batas yang bisa ditolerir, persoalan akan timbul pertama pada ginjal, sendi, dan saluran kemih

Kadar Normal

Pemeriksaan asam urat di laboratorium dilakukan dengan dua cara, Enzimatik dan Teknik Biasa. Kadar asam urat normal menurut tes Enzimatik maksimum 7 mg/dl. Sedangkan pada Teknik Biasa, nilai normalnya maksimum 8 mg/dl. Bila hasil pemeriksaan menunjukkan kadar asam urat melampaui standar normal itu, penderita dimungkinkan mengalami hiperurisemia.

Kadar asam urat normal pada pria dan perempuan berbeda. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl. Kadar asam urat diatas normal disebut hiperurisemia.

Perjalanan penyakit yang klasik biasanya dimulai dengan suatu serangan atau seseorang memiliki riwayat pernah cek asam uratnya tinggi di atas 7 mg/dl, dan makin lama makin tinggi.

Jika demikian, kemungkinannya untuk menjadi penyakit gout itu makin besar. Biasanya 25% orang yang asam uratnya tinggi akan menjadi penyakit gout. Bila kadar asam urat tinggi tapi tidak ada gejala serangan sendi ini disebut stadium awal. Pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang bertahun-tahun sama sekali tidak muncul gejalanya, tetapi ada yang muncul gejalanya di usia 20 tahun, 30 tahun, atau 40 tahun.

Gambaran Klinis

Artritis gout muncul sebagai serangan keradangan sendi yang timbul berulang-ulang.

Gejala khas dari serangan artritis gout adalah serangan akut biasanya bersifat monoartikular (menyerang satu sendi saja) dengan gejala pembengkakan, kemerahan, nyeri hebat, panas dan gangguan gerak dari sendi yang terserang yang terjadi mendadak (akut) yang mencapai puncaknya kurang dari 24 jam. Lokasi yang paling sering pada serangan pertama adalah sendi pangkal ibu jari kaki. Hampir pada semua kasus, lokasi artritis terutama pada sendi perifer dan jarang pada sendi sentral.

Serangan yang terjadi mendadak maksudnya tiba-tiba. Karena itu bisa saja terjadi, siang hari sampai menjelang tidur tidak ada keluhan, tetapi pada tengah malam penderita mendadak terbangun karena rasa sakit yang amat sangat. Kalau serangan ini datang, penderita akan merasakan sangat kesakitan walau tubuhnya hanya terkena selimut atau bahkan hembusan angin.

Perjalanan penyakit gout sangat khas dan mempunyai 3 tahapan. Tahap pertama disebut tahap artritis gout akut. Pada tahap ini penderita akan mengalami serangan artritis yang khas dan serangan tersebut akan menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 5 – 7 hari. Karena cepat menghilang, maka sering penderita menduga kakinya keseleo atau kena infeksi sehingga tidak menduga terkena penyakit gout dan tidak melakukan pemeriksaan lanjutan.

Bahkan, dokter yang mengobati kadang-kadang tidak menduga penderita terserang penyakit gout. Karena serangan pertama kali ini singkat waktunya dan sembuh sendiri, sering penderita berobat ke tukang urut dan waktu sembuh menyangka hal itu disebabkan hasil urutan/pijatan. Padahal, tanpa diobati atau diurut pun serangan pertama kali ini akan hilang sendiri.

Setelah serangan pertama, penderita akan masuk pada gout interkritikal. Pada keadaan ini penderita dalam keadaan sehat selama jangka waktu tertentu. Jangka waktu antara seseorang dan orang lainnya berbeda. Ada yang hanya satu tahun, ada pula yang sampai 10 tahun, tetapi rata-rata berkisar 1 – 2 tahun. Panjangnya jangka waktu tahap ini menyebabkan seseorang lupa bahwa ia pernah menderita serangan artritis gout atau menyangka serangan pertama kali dahulu tak ada hubungannya dengan penyakit gout.

Tahap kedua disebut sebagai tahap artritis gout akut intermiten. Setelah melewati masa gout interkritikal selama bertahun-tahun tanpa gejala, penderita akan memasuki tahap ini, ditandai dengan serangan artritis yang khas. Selanjutnya penderita akan sering mendapat serangan (kambuh) yang jarak antara serangan yang satu dan serangan berikutnya makin lama makin rapat dan lama, serangan makin lama makin panjang, serta jumlah sendi yang terserang makin banyak.

Tahap ketiga disebut sebagai tahap artritis gout kronik bertofus. Tahap ini terjadi bila penderita telah menderita sakit selama 10 tahun atau lebih. Pada tahap ini akan terjadi benjolan-benjolan di sekitar sendi yang sering meradang yang disebut sebagai tofus. Tofus ini berupa benjolan keras yang berisi serbuk seperti kapur yang merupakan deposit dari kristal monosodium urat. Tofus ini akan mengakibatkan kerusakan pada sendi dan tulang di sekitarnya. Tofus pada kaki bila ukurannya besar dan banyak akan mengakibatkan penderita tidak dapat menggunakan sepatu lagi.

Faktor Risiko

Faktor risiko yang menyebabkan orang terserang penyakit asam urat adalah pola makan, kegemukan, dan suku bangsa.

Di dunia, suku bangsa yang paling tinggi prevalensinya pada orang Maori di Australia. Prevalensi orang Maori terserang penyakit asam urat tinggi sekali, sedangkan di Indonesia prevalensi tertinggi pada penduduk pantai dan yang paling tinggi di daerah Manado-Minahasa karena kebiasaan atau pola makan ikan dan mengonsumsi alkohol.

Alkohol menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine itu ikut berkurang sehingga asam uratnya tetap bertahan di dalam darah. Konsumsi ikan laut yang tinggi juga mengakibatkan asam urat.

Asupan yang masuk ke tubuh juga memengaruhi kadar asam urat dalam darah. Makanan yang mengandung zat purin yang tinggi akan diubah menjadi asam urat. Purin yang tinggi terutama terdapat dalam jeroan, sea food: udang, cumi, kerang, kepiting, ikan teri.

KALAU menurut hasil pemeriksaan laboratorium kadar asam urat terlalu tinggi, kita perlu memperhatikan masalah makanan. Makanan dan minuman yang selalu dikonsumsi apakah merupakan pemicu asam urat. Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit. Maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
Yang paling penting untuk diketahui adalah kalau asam urat tinggi dalam darah, tanpa kita sadari akan merusak organ-organ tubuh, terutama ginjal, karena saringannya akan tersumbat. Tersumbatnya saringan ginjal akan berdampak munculnya batu ginjal, atau akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Asam urat pun merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung koroner. Diduga kristal asam urat akan merusak endotel (lapisan bagian dalam pembuluh darah) koroner. Karena itu, siapapun yang kadar asam uratnya tinggi harus berupaya untuk menurunkannya agar kerusakan tidak merembet ke organ-organ tubuh yang lain.

Penatalaksanaan

Penatalaksanaan artritis gout:
•    Meredakan radang sendi (dengan obat-obatan dan istirahat sendi yang terkena).
•    Pengaturan asam urat tubuh (dengan pengaturan diet dan obat-obatan).

Tujuan utama pengobatan artritis gout adalah:
•    Mengobati serangan akut secara baik dan benar
•    Mencegah serangan ulangan artritis gout akut
•    Mencegah kelainan sendi yang berat akibat penimbunan kristal urat
•    Mencegah komplikasi yang dapat terjadi akibat peningkatan asam urat pada jantung, ginjal dan pembuluh darah.
•    Mencegah pembentukan batu pada saluran kemih.

Makin cepat seseorang mendapat pengobatan sejak serangan akut, makin cepat pula penyembuhannya.
Pengobatan dapat diberikan obat anti inflamasi nonsteroid (antirematik) dan obat penurun kadar asam urat (obat yang mempercepat/meningkatkan pengeluaran asam urat lewat kemih (probenecid) atau obat yang menurunkan produksi asam urat (allopurinol)).

Pengaturan diet

Selain jeroan, makanan kaya protein dan lemak merupakan sumber purin. Padahal walau tinggi kolesterol dan purin, makanan tersebut sangat berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak pada usia pertumbuhan. Kolesterol penting bagi prekusor vitamin D, bahan pembentuk otak, jaringan saraf, hormon steroid, garam-garaman empendu dan membran sel.Orang yang kesehatannya baik hendaknya tidak makan berlebihan. Sedangkan bagi yang telah menderita gangguan asam urat, sebaiknya membatasi diri terhadap hal-hal yang bisa memperburuk keadaan. Misalnya, membatasi makanan tinggi purin dan memilih yang rendah purin.

Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang banyak mengandung purin tinggi. Penggolongan makanan berdasarkan kandungan purin:
•    Golongan A: Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan) adalah hati, ginjal, otak, jantung, paru, lain-lain jeroan, udang, remis, kerang, sardin, herring, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape), alkohol serta makanan dalam kaleng.

•    Golongan B: Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan) adalah ikan yang tidak termasuk golongan A, daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.

•    Golongan C: Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gram makanan) adalah keju, susu, telur, sayuran lain, buah-buahan.

Pengaturan diet sebaiknya segera dilakukan bila kadar asam urat melebihi 7 mg/dl dengan tidak mengonsumsi bahan makanan golongan A dan membatasi diri untuk mengonsmsi bahan makanan golongan B. Juga membatasi diri mengonsumsi lemak serta disarankan untuk banyak minum air putih. Apabila dengan pengaturan diet masih terdapat gejala-gejala peninggian asam urat darah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Hal yang juga perlu diperhatikan, jangan bekerja terlalu berat, cepat tanggap dan rutin memeriksakan diri ke dokter. Karena sekali menderita, biasanya gangguan asam urat akan terus berlanjut.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
79 Responses
  1. Terima kasih atas infonya….
    Sangat bermanfaat….

  2. Blog yang bagus… Artikelnya bermanfaat..

  3. Imam Putradi says:

    Bagus banget… Kebetulan saya berbadan gemuk.. dan takut banget sama gejala asam urat… site ini bener-bener membantu saya untuk pencegahan dan mewngontrol asam urat dalam tubuh saya… terima kasih banyak…

  4. f14n says:

    Alhamdulillah bisa menyajikan yang bermanfaat…
    Trims..

  5. Agus santoso says:

    Alhandulillah, Terimakasih atas infonya sangat bermafaat.

  6. Kadek says:

    Bagus sekali, kalau ada info obat yang bagus apa? soalnya saya juga mengalami gangguan asam urat berlebihan. Mungkin sudah katagori kronis kalau saya baca uraian diatas.

  7. kidi says:

    Alhamdulillah infonya kebetulan saya baru mulai ada gejala asam. Tapi pertanyaan. Apakah Asam urat sangat berpengaruh terhadap kelangsungan gairah Seksualitas seseorang?

  8. abibs says:

    terimakasih atas share infonya, mengenai obat kira2 apa yang bagus…

    • f14n says:

      Mengenai obat mungkin banyak tersedia di pasaran. Namun menurut saya lebih baik mencoba pengobatan dengan herbal/pengobatan cara Nabi Muhammad (Thibbun Nabawi).
      Bisa dilihat juga di kliniksehat.com (Bukan promosi loh karna web tersebut juga bukan milik saya dan tdk ada hubungan apa2, just recommend)

  9. ariva says:

    terima kasih atas infonya tentang asam urat,cuma saya mau tanya susu apa yang aman dikonsumsi penderita asam urat?contoh susunya yang ada dipasaran.terima kasih

    • f14n says:

      Susu kambing dipercaya dapat mengurangi/menyembuhkan gejala asam urat dan beberapa penyakit lainnya karena bersifat basa (asam+basa=garam+air/netral). Usahakan mengkonsumsi susu kambing murni agar manfaatnya lebih terasa.

  10. Eko says:

    Terima kasih atas artikel ini, sangat berfanfaat bagi yang mengalami penderitaan,
    Salam

  11. mastop says:

    Tks infonya …. melengkapi pemahaman kita. Sy mmg penderita asam urat, namun bandel shg sering ngilu di kaki (mnrt pengalaman, serangan tjd pd sendi yg banyak memikul beban tumpuan); pernah di tungkai kaki (kebanyakan ningjek gas/rem mobil); skrg terasa di lutut (akibat posisi tumpuan saat stir)/
    Klo bisa dilengkapi info / tips mengikis kadar purin tanpa obat kimia, ya .

  12. mastop says:

    tks infonya …… nambah wawasan bener; Klo bisa lengkapi dg info / tips kurangi kadar purin dg metoda non kimiawi.

  13. Gemblunxs analizt says:

    makasieh inpo ne….
    aq jdi bsa ngrjain tgas

  14. Yuli says:

    infonya lengkap bgt…berguna deh…

  15. wulan arsianty says:

    infonya sangat bagus sekali bagi kt yg baru mengetahui apa sebenarnya yg dimaksud dengan asam urat

  16. fikriviko says:

    Makasih atas info yang telah di berikan secara jelas.semoga berguna bagi smuanya orng

  17. AGUSTINUS says:

    bgs bgt tp krg lgkp ………………………………

  18. ulum says:

    makasih infox..

  19. Sri Hartini says:

    As.Wr.Wb
    Alhamdullilah informasi tentang penyakit asam urat sangat bermanfaat bagi saya
    ,karena saya mengetahui secara langsung dari internet sebelumnya saya tahu dari teman-teman .Trimakasih
    Purwakarta,25 Okt 2009
    Wassalam
    Sri Hartini

  20. Yeli Sunarto says:

    Terima kasih infonya berguna sekali. Kadar asam urat saya 6,2 dr hasil test. Saya sdh ke beberapa dokter dan diberikan Zyloric dan Alloprinol. Namun sakit di lutut saya (bahkan sampai ke pangkal paha) tidak kunjung menghilang kecuali saya minum obat penahan nyeri. Adakah cara alternatif lain yang aman tanpa harus meminum obat kimia, karena dikhawatirkan akan memperparah kerja ginjal saya. Terima kasih.

  21. f14n says:

    @mba Yeli: coba buka http://kliniksehat.com/index.php?option=com_content&task=view&id=152&Itemid=92, ada obat non kimia (herbal) yang dapat dipakai beserta terapi yang dapat dilakukan. Juga usahakan untuk memperbanyak sedekah.. :D

  22. jea says:

    trimakasih buat info na sangat bermanfaat untuk mama dan kLuarga jEa

  23. axan says:

    tks…pembahasan yang bermanfaat bagi umat

  24. oliva says:

    ok bgt nich. harus hati2 deh ama makanan

  25. aslis wantoaji says:

    sangat bermanfaat untuk dibaca, baik bagi orang yang sudah terkena asam urat, maupun sebagai langkah pencegahan bagi yang belum terkena asam urat.

  26. anastasia suprapti says:

    mudah2 an dengan mencegah makanan yang memicu asam urat ibuku dapt sembuh terimakasih atas informasinya

  27. ema pk says:

    Tks bung Sofian untuk tulisan yang bagus ini. Saat ini saya sepertinya saya sedang kena serangan kedua setelah tahun lalu mengalami gejala yang sama tapi lebih singkat. karenanya saya merasa senang sekali membaca tulisan ini karena jadi tahu apa yang harus atau tidak boleh dilakukan. semoga blog ini menadi ladang amal jariah anda. Amin.

  28. f14n says:

    terima kasih kembali atas kunjungannya.. semoga bisa menambah wawasan.. sudah saatnya merubah kebiasaan makanan kita menjadi sehat, halal dan thoyyib.. salam sehat…

  29. Lia says:

    Jazakillah banget…`
    mg Allah sll m’brkt akhi ian..
    Sy br sj m’nglami gjl yg 1,
    rs a skt n sdh bnget..
    Mm..
    Mgkn ujian dr yg diatas jg ya?
    Tp skrg uda sdkt lg,
    brkt info dr akhi,
    sy jd tw apa yg hrs sy lkkan krg,
    wat akhwan n akhwat yg læn yg jg nglmin hal yg sm spt sy,
    ttp semangat yah!

  30. Laksmi says:

    thanks atas infonya…

  31. pasien says:

    dah pernah meneliti buah keres yg kabarnya menyembuhkan asam urat?
    salam kenal.

  32. f14n says:

    Untuk buah keres sih blm pernah denger..
    Untuk obat yang ampuh mungkin bisa dengan bekam (al hijamah) ditambah konsumsi herbal..
    seperti yang disabdakan Rosul:
    Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda: “ Kesembuhan itu ada dalam tiga hal, yakni minum madu, sayatan alat bekam, dan kay[besi panas atau dalam riwayat lain disebut sundutan api]. Namun aku melarang umatku berobat dengan kay.”[HR Bukhari].

    Saya sendiri baru mencoba bekam kemarin, rasanya ga sakit. Badan jadi enteng. Sudah banyak testimoni yang merasakan manfaat bekam terutama untuk asam urat ini.

  33. Rahmat Subur says:

    Trimakasih, ada info pengobatan herbalnya ngga?

  34. f14n says:

    coba liat di kliniksehat dot com pak..
    salah satu yang menawarkan pengobatan herbal dan sejenisnya..
    bisa liat juga di etalasemuslim dot com

  35. Irho says:

    Baru cek darah. Asam uratnya 3, di bawah normal. Apakah ini juga disebut penyakit asam urat? Bagaimana penanganannya?

  36. Maria says:

    setelah minum obat zyluric 300 mg, 1×1 diminum malam hari selama 10 hari asam urat saya dari 9 turun menjadi 4, makanan terjaga ada penyebab lain? ada hubungannya nggak dengan triglisrida tinggi? daun salam direbus saya minum juga

  37. icha says:

    Trimakasih infonya.. Kalau boleh tahu sumber/ literatur yang digunakan dari mana ya? trims.

  38. eko s says:

    tangan saya sering nyeri dan sangat menggangu(sakit sekali)apa ini yg disebut asam urat?obat yg saya minum recolver apa itu sdh tepat?

  39. f14n says:

    @Irho: Kadar normal asam urat sekitar 2.4 hingga 6 untuk wanita, dan 3.0 hingga 7 untuk pria.
    @Maria: maaf saya blm punya pengetahuan ttg ini.
    @icha: untuk literatur kebetulan waktu itu hanya mengcopy dari forum kaskus, dan disitu jg tidak ditulis sumbernya. karna saya kira bermanfaat jadi saya tulis disini. maaf ya..
    @eko: mungkin saja, sebaiknya anda lakukan pengecekan kadar asam urat ke dokter.

  40. istutiyati says:

    Bagus ya artikelnya nanti tak terpkan padku makasih banget yach

  41. Budi says:

    Terimakasih, artikelnya detail dan berguna. Siiiip…..

  42. farah aslamiyah says:

    info diet untuk penderita asam uratnya sangat bermanfaat sekali, terutama untuk ibunda saya tercinta..thank’s

  43. Misna Dewi M says:

    Alhamdulillah, pengetahuan saya bertambah tentang asam urat, terima kasih

  44. menarik artikel, trims sudah berbagi manfaat.. salam.

  45. henikus says:

    trimakasih.. mohon doanya untuk ikhtiar saya agar lekas terbebas dari asam-urat..

  46. f14n says:

    @saiful: sama2..
    @henikus: sama2.. syafakillah, semoga lekas sembuh ya.. ditambah meminta ampunan kepada Allah di saat sholat malam, insya Allah..

  47. hasan says:

    saya merasa sakit di lutut kanan terutama saat menuruni tangga…
    tolong beri pendapat…

  48. elfa novita says:

    artikelnya bgus bget dan mudah dimengerti. ada gak perbedaan asam urat sama reumatik ????? kata dokter yang saya tanya katanya berbeda.

  49. Nina says:

    kata orang klo gampang semutan n tangan or kaki terasa tebal/kebas, itu juga gejala asam urat ya, bener ga??

    ** visit http://m.rujakasik.com **

  50. peronika legi onhi says:

    trims bnget atas infonya…seputar penyakit asam urat…

  51. peronika legi onhi says:

    trims bget atas infonya…rasanya jd plong bget dah…

  52. Naphee' says:

    info penting nih buat nyokap di rumah..
    thx inponya.. :-)

  53. mg enda says:

    ruar biasa, t.q. artikelnya sangat bermanfaat terus berkarya mudah2an bnyak pahalanya.amin

  54. santo says:

    makasih infonya..

  55. santo says:

    nice info…

  56. wahyu says:

    kasih yach infox bagus bangt sangat membantu,,,,,,,,,,,,

  57. wahyu says:

    pokokya mantap bangat infox,,,,,,,,,,,,

  58. thahir says:

    terima kasih…saya sangat bersyukur…asam urat ini sangat mengganggu…karena selama ini banyak orang bilang bahwa apa yang aku alami kemungkinan besar gejala asam urat…saya pasti mencoba

  59. luhur says:

    terima kasih atas infonya,karena bisa menambah pengetahuan kami karena saat ini kami sedang merawat pasien asam urat dengan produk herbal

  60. f14n says:

    Alhamdulillah artikel ini dapat membantu rekan semua.
    Marilah kita kembali mengamalkan sunnah nabi dengan Thibbun Nabawi dimana jaminan pengobatan ini adalah dari Allah SWT.
    Ada presentasi menarik yang insya Allah berguna ditulis oleh seorang dokter yang sudah beralih ke pengobatan herbal ala nabi. Semoga Allah memberikan pahala yang mengalir atas apa yang ditulisnya.
    Silahkan download di: http://www.4shared.com/document/1f1RKgPK/KAJIAN_ILMIAH_PENGOBATAN_NABI_.html

    Dari Ibnu Abbas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
    “Kesembuhan itu ada dalam tiga hal: sayatan alat bekam, minum madu, dan sengatan kay (pengobatan dengan besi yang dipanaskan). Namun, aku melarang umatku untuk berobat dengan kay.” (Hr. Bukhari, no. 5357)

  61. please submit to us how to prevent have asam urat

  62. Fidy says:

    makasie infonya………….

  63. Mas Boy says:

    Terima kasih atas info mengenai Asam Urat . . walau saya bingunmakanan apa yang aman buat pengidapnya . .

  64. yadi cahyadi says:

    bagaimana cara pengobatan atau pencegahan yang cocok untuk penderita asam urat sekaligus
    darah rendah.
    terima kasih.

  65. hartin says:

    terima kasih informasi tentang “asam urat” dan lain-lainnya yaaa

  66. hartin says:

    menurut informasi yang saya dengar dan saya baca ……asam urat timbul diantaranya kepada orang yang suka makan enak( benjol=bayem,emping,nanas,jeroan,otak,lemak),dan kurang gerak/olah raga. yang mngakibatkan tekanan darah rendah juga kurang olah raga,tetapi juga jangan keforsir tenaganya jadi kuang istirahat….sedangkan minuman beralkohol menyebabkan tulang keropos,gigi keropos,ginjal bekerja berat bahkan bisa terjadi gagal ginjal setelah beberapa waktu atau usia produktif, maka jaga dirilah sebelum kena itu…….trims

  67. Mohamad Taufiq says:

    Sehatkan ginjal dan bersihkan usus, asam urat akan hilang.
    Akhir-akhir ini banyak sekali orang terserang asam urat, sehingga banyak orang berpikir bahwa memproduksi obat / jamu asam urat sangat prospektif. Efek dari rangkaian ini, maka dengan mudah kita bisa mendapatkan jamu / obat asam urat.
    Sebagai seorang herbalis, ketika ada pasien pengidap asam urat, yang pertama kali saya pikirkan adalah :
    1. Bagaimana Ginjal pasien? kenapa, pada hakekatnya adanya asam urat adalah petunjuk / tanda-tanda akan penurunan fungsi ginjal. Jika ginjal mengalami suatu gangguan, secara otomatis kemampuan menyaring darah menurun dan kotoran yang seharusnya dibuang lewat urin, menjadi tidak tersaring dan terikut kembali ke aliran darah. Kotoran ini biasa disebut Purin atau asam urat.
    2. Bagaimana kondisi usus pasien? kenapa, jika usus pasien kotor, maka secara otomatis saat terjadi penyerapan sari-sari makanan, kotoran tersebut juga ikut terserap. Hal ini biasa disebut Auto intoxication. Karena banyaknya racun / kotoran dari usus, bisa jadi ginjal menjadi tidak mampu menyaring semuanya karena jumlah kotoran / racun lebih banyak dari pada kapasitas penyaringan ginjal.
    Maka, sebaiknya saat minum jamu / obat asam urat, juga ditherapy ginjal dan ususnya agar bisa sembuh total dari asam urat.

  68. yayat tr says:

    makasih info yang bisa kita perhatikan supaya kita bisa mencegah sebelum terjadi

  69. sitra says:

    tks infonya………….. kebetulan sy dikatakan kena asam urat……….. makanya cr info.tks

  70. ariyo basar says:

    weleh..welehhh.komplit banget bahasannya. Tapi ok kok, saya jadi tau apa penyebab sakitnya pangkal jempol kakiku tempo hari. Jadi Lebih hati2 nih soal makanan. Tapi coklat termasuk Golongan A, B atau C ya ??

  71. joko says:

    salam kenal maz dan trima kasih atas segala infonya

  72. Abusaleh says:

    Trima kasih .Informasinya sangat bermanfaat
    Kalau boleh saya mau tanya apakah ada Dokter spesialis penyakit asam urat diKota Bandung. Kalau ada minta alamat prakteknya.
    Trima kasih

  73. sofian says:

    @abusaleh: kalau dokter spesialisnya saya kurang tau, tapi jika mau terapi bekam, herbal, dll a.k.a pengobatan nabi bisa ke BRC pusatnya di geger kalong tapi dah menyebar.. bukan iklan ya, karna saya terapi disitu.

  74. Jual Jam says:

    Jual Jam…

    [...]Asam urat.. definisi, pencegahan, dan pengobatan. | sofianonline.com[...]…

  75. Ima Ratoe Z says:

    eumzzzz….gttux… mkzx taz infox..tp mav ana kan perempuan mazih muda agie..kok doxter bil ana kena asam uratz…napax…padahalkan mazih usia remaza abizzzz….
    apa yaaaa..penyebabnya…kasih tw ya solusix ruz apa…btttttt bgt…punya penyakit yang ada hubx ma kaki…coz ana sering g jd jaln2…gara – gara kaki caxxxxxiiitttttt………
    syukran !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  76. arief says:

    sangat isinya, makasih mudah mudahan blog inui lebih maju, sukses ….

  77. [...] Ibnu Abbas r.a. Rasulullah bersabda : “Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal: dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku [...]

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>